PENTINGKAH SEKOLAH ?


Hari pertama masuk sekolah merupakan momen paling bahagia untuk para orang tua !!


Momen yang seperti ini yang menjadi momen spesial,bangun lebih pagi mempersiapan segala bentuk keperluan anak menajdi prioritas pagi ini, terkadang orang tua lebih sibuk dari si anaknya sendiri,ya itulah orang tua selalu ingin menampilkan yang terbaik untuk anaknya,mungkin hal yang sama ketika saya nanti menjadi seorang ayah.

Sekolah itu sendiri merupakan sarana menfasilitasi anak untuk menjadi lebih berkembang dan memunculkan potensi anak sehingga nantinya anak mampu menjadi seorang yang tangguh dihidupnya, akan tetapi yang menjadi pertanyaan besar saat ini pentingkah sekolah? ya itu merupakan suatu pertanyaan besar seberapa pentingnya sekolah untuk masa depan anak. Sekolah merupakan suatu sistem yang diikat oleh pemerintah yang ditungkan oleh sebuah kurikulum dimana kurikulum tersebutlah yang menjadi latar belakang sistem pemerintahan yang ada. Peserta didik disamaratakan kualitasnnya bagaimana perbedaan bakat ? kemampuan anak dalam sistem ini disamaratakan, banyak orang tua menyimpulkan dengan mengatakan kecerdasaan kognitif lebih penting ketimbang nilai afektif dan psikomotor itu sendiri terlihat peringkingan kelas menjadi ketercapain kesuksesaan seorang anak dalam tahap pembelajaran.

Membahas kecerdasaan secara detail terdapat beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa termasuk kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, atau kebijaksanaan. Namun, beberapa psikolog tak memasukkan hal-hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan. Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir, namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan. Membahasa berbagai macam kecedasaan, ada banyak kecerdasaan yang ada akan tetapi saya membahas sembilan macam kecerdasaan

1.Kecerdasan Visual dan Spasial

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk melihat dan mengenali dunia tertentu secara akurat, dan juga menggambarkan atau mengubah dunia tersebut ke dalam bentuk-bentuk yang diinginkan. Tipe kecerdasan yang satu ini, akan membuat seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam menghitung jarak, volume, pola, dan juga berbagai detail lainnya dari sebuah benda.
Semua hal inilah yang kemudian digunakan olehnya untuk menggambarkan atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan benda tersebut. Kecerdasan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh seorang pematung, pelukis, dan yang lainnya.

2.Kecerdasan naturalis
Kecerdasan ini akan membuat seseorang memiliki kemampuan untuk memahami lingkungannya dengan baik, terutama terkait dengan keberadaan dan juga kebutuhan makhluk hidup lainnya yang terdapat di sana. Kecerdasan yang seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para ahli biologi, dan juga pecinta flora dan fauna.

3.Kecerdasan Musikal
Kecerdasan musikal yang dimiliki seseorang, akan membuatnya memiliki pemahaman yang baik di dalam membedakan dan mengenali suatu bunyi / suara. Mereka yang memiliki kecerdasan ini akan lebih peka, terhadap nada, melodi, atau bahkan berbagai bunyi lainnya yang berirama.
Pada umumnya, kecerdasan musikal akan dimiliki oleh mereka yang bekerja sebagai pemusik, dirigen, komposer, dan berbagai bidang lainnya yang berhubungan dengan musik itu sendiri.

4.Kecerdasan Logika Matematika
Inilah tipe kecerdasan yang paling banyak dan umum kita jumpai di lingkungan kita, sebab sejak lama kemampuan matematika dan juga logika seseorang sering menjadi tolak ukur kecerdasannya.
Hal ini telah dimulai sejak seseorang mulai belajar berhitung dan bahkan ketika menempuh pendidikan di lembaga formal seperti sekolah dan juga perguruan tinggi. Kecerdasan logika dan matematika pada umumnya dimiliki oleh seorang akuntan, ahli mesin, dan yang lainnya.

5.Kecerdasan Eksistensial

Kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan untuk memahami dan mengetahui berbagai hal yang terdapat di dalam kehidupan ini. Hal inilah yang kemudian membantu seseorang untuk bisa mengolah dan mencari berbagai alasan tentang banyak hal di dalam kehidupannya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para psikolog.

6.Kecerdasan Interpersonal

Kemampuan ini akan membuat seseorang dapat memahami berbagai kebutuhan serta perasaan orang lain yang berada di sekitarnya. Kemampuan seperti ini tentu akan membantu seseorang untuk bisa memiliki sebuah kehidupan sosial yang sehat dan lebih terarah. Pada umumnya kemampuan ini akan dimiliki oleh mereka yang bekerja di bidang sosial, pelayanan masyarakat, dan yang lainnya.

7.Kecerdasan Kinestetik Jasmani

Kemampuan ini akan membuat seseorang memiliki sebuah keselarasan yang baik antara kinerja otak dengan tubuhnya, di mana orang tersebut mampu dengan mudah menggerakkan tubuhnya dengan menggunakan kekuatan pikirannya.Kecerdasan kinestetik jasmani ini juga dapat membantu seseorang untuk bisa lebih lihai dan terampil dalam menggunakan alat / objek tertentu yang begitu familiar dengan kesehariannya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh para atlet, pengrajin, penari, dan yang lainnya.

8.Kecerdasan Linguistik
Kemampuan ini akan membuat seseorang menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi, sebab memiliki keterampilan yang mumpuni di dalam memilih dan menata setiap kata yang akan digunakannya untuk berkomunikasi. Bukan hanya itu saja, mereka yang memiliki kecerdasan linguistik juga akan memahami dengan baik bagaimana dan metode apa yang harus digunakannya ketika berkomunikasi dengan orang lain di sekitarnya. Kemampuan seperti ini pada umumnya akan dimiliki oleh mereka yang bekerja di media, pembicara, atau bahkan seorang penulis sekalipun.

9.Kecerdasan Intrapersonal
Kemampuan ini akan membuat seseorang paham dan mengerti dengan baik kebutuhan dan juga hal-hal yang diinginkan olehnya ataupun oleh seseorang yang berada di lingkungannya. Hal seperti ini tentu akan sangat membantu seseorang untuk bisa sukses dan memahami setiap hal penting yang ada di dalam kehidupannya. Yang memiliki kecerdasan ini juga bisa menjadi seorang motivator.


Melihat dari pelbagai macam kecerdasaan yang sudah ada apakah mampu sekolah menjadi sarana memfasilitasi anak dalam mengembangakan bakat atau potensi setiap anak yang memilki latar belakang yang berbeda-beda. Ini dalam satu aspek yaitu kecerdasan belum lagi kita membahas tentang kecerdasaan emosional dan spritual.

Banyak aspek yang haru kita kembangkan dalam setiap anak sehingga menjadikan anak yang mampu bersaing dalam dunia global. Sekolah merupakan sarana penunjang saja dimana sekolah yang paling baik adalah keluarga serta guru yang paling baik merupakan orang tua, bukan berarti saya mengatakan demikiian menjadikan Sekolah formal itu tidak penting, saya katakan sekolah itu penting dimana dalam sekolah, anak banyak mengenal orang dengan berbagai macam karatkter aspek itu akan menumbuhakan aspek afektif dimana komponen ini peting juga dimiliki oleh setiap anak. Sekolah terlihat tidak penting ketika kita berbicara kecedrasaan kogintif saja dan memakasaakn kehendak dengan memaksaakan setiap anak dengan ketercapaain yang sama dengan diuukur berdasarkan angka-angka saja. Begitu kata pepatah “kita tidak akan bisa memaksakan seekor ikan belari kencang didaratan”
Yang menjadi catatan menarik sekolah bukan tempat sarana penitipan anak, akan tetapi sarana membangun dan memfasilitasi anak dalam mengembangkan aspek kogintif, efektif mungkin bisa saja psikomotor. Guru dan orang tua punya tanggung jawab bersama dalam mengggali potensi yang dimiliki setiap anak. Orang tua tidak boleh lepas begitu saja dalam mempersiapkan anak mencapai masa depan yang baik. kerjasama yang baik akan menjadi kekuatan besar dalam mengembangkan potensi anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JADI PNS ? TIDAK HARUS PINTAR !!!

Pendidikan Jasmani dalam Literasi Fisik

Konsep Dasar Pendidikan Jasmani