OLAHRAGA MEMBUNUHMU !!!!


Pada saat ini olahraga telah menjadi lifestyle  ( gaya hidup ), masyarakat banyak yang melakukan aktivitas olahraga disela-sela pulang kerja atau sebelum kerja  dan diasaat waktu libur, dengan kelompok atau perorangan demi terjaganya kebugaran tubuh untuk pelaku olahraga itu sendiri. Kegemaran masyarakat ini menjadi fenomena baru bagi masyarakat Lampung dimana olahraga seakaan-akan menjadi suatu kebutuhan pokok dalam hidup.

Akan tetapi fenomena ini harus diimbangi dengan pengetahuan masyarakat terhadap olahraga itu sendiri, sebab olahraga diibaratkan sebagai mesin pembunuh nomor satu dikarenakan masyarakat yang belum mengetahui kebutuhan olahraga bagi tubuh masing-masing, karena manusia mempunyai kebutuhan intensistas latihan yang berbeda-beda. Banyak fakta membuktikan bahwa olahraga menjadi mesin pembunuh beberapa waktu lalu Aji Masait  (aktor) meninggal dunia setelah melakukan olahraga futsal dan Basuki pelawak sekaligus aktor yang sering kita jumpai dilayar kaca meninggal dunia setelah melakukan olahraga dan belum lama ini suami dari penyanyi bunga citra lestari yang nota bene  seorang penghobi olahraga . Dengan adanya beberapa contoh ini hendaknya masyarakat harus memahami ilmu dari olahraga itu sendiri, sehingga terciptanya tubuh yang menjadi bugar, bukan menjadikan sebagai mesin pembunuh. untuk itu  inilah  beberapa tips kepada masyarakat sebelum dan sesudah melakukan olahraga.

-       Pertama pada saat akan melakukan olahraga kita harus mengetahui keadan tubuh kita apakah hari ini kita mampu melakukan olahraga, pertanyaannya bagaimana agar kita mengetahui tubuh kita siap atau tidak untuk melakukan olahraga, mudah saja kita dapat mengukur detak jantung per menit, manusia yang sehat akan memiliki detak jantung 60-80 denyut per menit ini dasar utama kita melakukan aktivitas olahraga.Kedua melakukan pemanasan yang baik dan benar dengan melakukan dengan gerakan statis dan dinamis dengan peningkatan denyutan nadi awal ke nadi yang siap melakukan aktivitas fisik yang cukup dilakukan tubuh, denyut nadi pada saat akan melakukan aktivitas fisik yaitu 100-120 per menit ( Bukan Atlet ) fungsi dari peningkatan denyutan nadi adalah salah satu cara mengukur peningkatan aktivitas fisik setiap fase-fasenya. Adapun cara mengukur denyut jantung dengan mudah kita harus meraba dipergelangan tangan hingga terasa denyutan itu sendiri ambil stopwatch hitungan tidak perlu sampai dengan satu menit cukup dilakukan dengan enam detik saja. Untuk memperoleh hasilnya dicontohkan apabila dalam enam detik diperoleh tujuh denyutan kita dapat mengetahuinnya dengan hasil denyutan tersebut dikalikan sepuluh. Untuk itu diperoleh denyut nadi awal sebesar tujuh puluh denyutan yang artinya tubuh siap menerima aktivitas fisik yang lebih berat seperti melakukan gerakan olaharaga begitu selanjutnya pada saat denyut nadi pemanasan, inti dan penutup olahraga.

-       Kedua setelah kita melakukan gerakan pemanasan kita memilih jenis olahraga yang kita inginkan kita analogikan saja seperti olahraga joging yang saat ini menjadi tren baru masyarakat Lampung. Untuk melakukan olahraga tersebut kita harus mengetahui intensitas latihan kita tersebut apabila kita akan melakukuan lari kita dapat mengukur kemampuan tubuh untuk melakukan jarak tempuh ( Volume Latihan ). Para pemula apabila akan melakukan olaharaga tersebut harus dengan tahapan-tahapan dimana harus dengan jarak tempuh yang pendek, ketika melakukan lari cukup dengan dua atau tiga putaran saja berarti dengan tiga putaran telah menempuh jarak 1200 meter dengan setiap putarannya bisa kita capai empat atau lima menit dengan intesitas seperti itu akan dicapai perolehan denyutan 120-150 per menit yang berarti telah melakukan olahraga dengan zona rendah, berikut table zona latihan.
Tabel. Zona Latihan berdasarkan detak jantung
ZONE
TINGKAT
DETAK JANTUNG/MNT
1
Rendah
120-150
2
Sedang
150-170
3
Tinggi
170-185
4
Maksimum
>185
Sumber : Bompa (1999:87)

-       Ketiga setelah mengetahui jenis olahraga kebutuhan fisik kita sendiri, hendaknya kita menambah volume dan intesistas latihan tersebut secara bertahap untuk memperoleh tubuh yang bugar  Karena dengan menambah secara bertahap bentuk latihan tersebut tubuh akan secara bertahap merespon bentuk olahraga dan manjadikannya sebuah otomatisasi bagi tubuh dan menjadikan olahraga sebagai kebutuhan pokok untuk kita menjadi hidup yang bugar, karena berdasarkan survey apabila tubuh bugar produktivitas kinerja akan bertambah sampai 20% itu berarti peningkatan kebugaran berguna untuk segala hal. Akan tetapi untuk melakukan olahraga tersebut kita harus mengetahui kembali tentang sarana prasarana olahraga tersebut layak atau tidak untuk kita melakukan gerakan olahraga, jangan membiasakan ketika melakukan olahraga memakai jaket tebal karena akan menyebabkan tubuh mengeluarakan banyak keringat yang banyak disalah artikan masyarakat apabila tubuh mengeluarkan keringat yang banyak mereka telah sukses membuang lemak jahat dalam tubuh, itu kesalahan besar yang masih kita jumpai dimasyarakat dimana pembakaran lemak adalah jenis pembakaran terakhir dari tubuh ketika karbohidrat, protein telah habis, yang artinya lemak adalah cadangan energi terakhir dalam tubuh. Keringat yang berlebihan akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi biasanya apabila tubuh telah dihidrasa mata akan kunang-kunang, lemas, pingsan dan lebih fatalnya lagi akan menyebakan kematian.

-       Keempat kita harus mengetahui waktu yang baik untuk melakukan olahraga, tentu saja waktu yang baik untuk melakukan olahraga adalah pagi hari dimana ketika pagi udara yang sejuk menyebakan pasokan oksigen yang banyak. Melakukan olahraga pada malam hari adalah sebuah kesalahan besar dilakukan oleh masyarakat dimana kita ketehui pada malam hari pepohonan mengeluarkan karbondioksida dan mneghirup oksigen dengan itu kita mengetahui kebutuhan oksigen yang kita perlukan menjadi kecil, padahal oksigen merupakan peranan yang sangat fatal dalam kita hidup, oksigen mampu membantu kita untuk proses pembakaran energi dalam tubuh, dan apabila kita melakukan olahraga dengan intesistas berat pada malam hari itu berarti tubuh saling berebut memperoleh oksigen,yang pertama oksigen berfungsi membantu darah mempelancar sel-sel dalam tubuh untuk memacu kejantung sehingga terjadinya proses pernafasan dan yang kedua oksigen dipergunakan untuk pembakaran energi. Dengan begitu tubuh tidak mampu membagi-bagi oksigen dan menyebabkan denyut jatung yang sangat cepat yang sering masyarakat menyebutnya gagal jantung dan menyebabkan kematian, dimana telah dicontohkan seperti artis yang melakukan olahraga pada malam hari yang menyebabkan kematian. Untuk itu apakah masih mau berolahraga malam hari ?

-       Kelima setelah mengetahui pengetahuan tentang olahraga kita juga harus melakukan gerakan pendinginan dimana fungsi gerakan ini berfungsi  untuk menurunkan denyut jantung secara bertahap sehingga tubuh tidak kaget dalam menerima fungsi kerja jantung. Pendinginan juga berfungsi sebagai bentuk latihan memberikan kestabilan fungsi otot dalam tubuh

Beberapa tips diatas adalah suatu bentuk latihan sederhana yang harus diketahui oleh masyarakat sehingga olahraga bukan lagi menjadi mesin pembunuh yang mematikan, akan tetapi olahraga menjadi sahabat yang baik bagi tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi bugar. Bentuk latihan tersebut dapat disesuaikan apa bila ada beberapa dari kita yang memilki penyakit diabetes,jantung, paru-paru dan penyakit yang lainnya, bentuk latihan yang saya paparkan adalah bentuk latihan mereka yang sehat namun tidak bugar, apabila memilki riwayat penyakit bisa dikonsultasikan lagi dengan instruktur kebugaran atau konsultan kesehatan dikarenakan bentuk latihan yang berbeda pada berbagaimana jenis penyakit yang diderita dan harus berkonsultasi dengan dokter yang ada, Terimakasih semoga tulisan yang saya berikan menjadi sebuah pencerahan dan pengetahuan baru dimsayarakat.

Komentar

  1. Keren pak, semoga bermanfaat bagi kita 😊

    BalasHapus
  2. Terima kasih , sangat bermanfaat. Pengetahuan itu penting banget.

    BalasHapus
  3. Bagaimana dengan atlit atlit yg berlaga atau bertanding pada malam hari ? Mereka tetap bisa menunjukkan performa yg baik. Adakah tipsnya untuk olahraga di malam hari pak ? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olahraga di malam hari itu sebernya tidak jadi masalah hanya saja yang perlu kita perhatikan yaitu bagaimana kondisi tubuh kita untuk melakukan dan menerima olahraga yang dilakukan, serta waktu pada saat melakukan aktifitas olahraga tersebut..usahakan jangan lebih dari jam 9 malam dan yang paling terpenting konsistensi. Semoga membantu !!

      Hapus
  4. Terima kasih pak, sangat membantu, dan semoga hal ini dapat membuat semua orang sadar jika olahraga bukan hanya sekedar olahraga tapi ada hal yang harus di perhatikan juga, agar mendapatkan manfaat bukan dampak

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

JADI PNS ? TIDAK HARUS PINTAR !!!

Pendidikan Jasmani dalam Literasi Fisik

Konsep Dasar Pendidikan Jasmani