MELAWAN VIRUS CORONA DENGAN BEROLAHRAGA ??


2019 Novel Coronavirus atau yang lebih dikenal dengan virus corona merupakan virus yang dapat menyerang ke manusia baik itu orang dewasa, remaja, anak - anak, dan bayi. Virus ini menyerang ke sistem pernapasan manusia menyebabkan sesak napas, pneumonia akut, sampai kematian. Penyakit akibat virus ini disebut dengan COVID-19.
Virus corona ini petama kali ditemukan di Wuhan China pada akhir 2019 dan sekarang sudah menyebar dengan cepat ke berbagai belahan negara di dunia ini termasuk di Indonesia. Pada beberapa kasus virus ini menyebabkan gangguan pernapasan ringan seperti flu, namun juga dapat menyebabkan gangguan perapasan berat seperti pnemonia, MERS, dan SARS. 

Penularan virus corona awalnya diduga berasal dari penularan hewan ke manusia, namun kemudian di ketahui juga bahwa virus ini di sebarkan dari manusia ke manusia. Umumnya virus ini menyebar seperti virus lain pada umumnya seperti:

  • Percikan air liur dari pengidap virus corona ( batuk dan bersin)
  • menyentuh wajah atau tangan orang yang terinfeksi virus corona
  • menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan setelah menyentuh barang-barang di sekiar yang terkena percikan air liur orang yang terkena virus corona.
Khusus untuk Novel Coronavirus atau 2019-nCoV masa inkubasinya belum di ketahui secara pasti. Namun, rata-rata gejalanya terjadi setelah 2-14 hari terkena virus corona ini. Gejala dari Corona virus ini sendiri antara lain:
  • Demam
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung beringus
  • Merasa tidak enak badan
Hal yang perlu diketahui beberapa virus corona (2019-nCov) dapat menyebabkan gejala yang parah sampai menyebkan bronkitis dan pneumonia, gejalanya antara lain:
  • Sesak napas
  • Batuk dengan lendir
  • Demam tinggi apabila terkena pneumonia
  • Sesak napas saat bernapas dan batuk serta nyeri di dada.
Di Indonesia sendiri sudah 27 kasus orang yang terinfeksi virus corona  dua pasien dinyatakan sembuh yaitu warna negara Indonesia berjenis kelamin laki-laki berusia 36 tahun yang positif terkena virus corona seusai kembali dari Jepang, pasien ini merupakan salah satu kru dari kapal Diamond Princess. Pasien selanjutnya merupakan warga negara indonesia berusia 50 tahun. Keduanya sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit namun harus mengisolasi diri dirumah selama 14 hari.

Untuk meredekan gejala virus corana ada beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain:
  • memberikan obat pereda nyeri, demam, dan batuk. Namun jangan berikan aspirin kepada anak-anak
  • mandi menggunakan air panas atau menggunakan pelembab ruangan untuk mengurangi sakit tenggoran dan batuk
  • perbanyak istirahat
  • memperbanyak minum air putih untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh.
Untuk mencegah virus corona ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:
  • sering mencuci tangan dengan sabun sampai bersih
  • hindari menyentuh bagian wajah dengan keadaan tangan kotor
  • hindari kontak langsung dengan orang sakit
  • menghindari kontak dengan hewan liar
  • tutup mulut dan hidung saat bersin dan batuk
  • membersihkan dan menstrelilkan benda-benda yang sering dipegang
  • menggunakan masker saat keluar rumah.
Selain hal-hal diatas ada hal lain yang dapat dilakukan satunya dengan menjaga daya tahan tubuh antara lain dengan memakan makanan yang sehat dan banyak megandung vitamin c, pola tidur yang teratur, dan berolahraga dengan rutin. Dalam hal ini ternyata peranan olahraga itu sendiri menjadi salah satu faktor besar dalam mencegah penyebaran virus corona lebih luas, dikarenakan belum satu orang yang terjangkit dalam virus corona tersebut adalah memiliki tubuh yang bugar, karena bisa dipastikan tubah bugar memiliki imun tubuh yang kuat, dimana dengan memiliki imun tubuh yang kuat virus akan sulit masuk karena tubuh telah memiliki kekebalan tubuh yang lebih hebat dibandingkan mereka yang tidak bugar. 
Pertanyaan saat ini adalah sudahkan kita mengikuti pola hidup sehat dan menerapkan pola berolahraga yang tepat sehingga tubuh kita bugar. LAWAN VIRUS CORONA DENGAN BEROLAHRAGA salah satu cara yang paling tepat untuk melawan virus mematikan ini. Kesadaran manusia akan pentingnnya budaya hidup sehat serta berolahraga teratur sepertinya akan menjadi obat paling mujarab karena pribahasa yang kita ketahui "sedia payung sebelum hujan" yang memiliki arti lebih baik mencegah daripada mengobati.

Olahraga apa yang paling tepat untuk menjadikan tubuh bugar, sehingga mencegah virus corona mudah tertular, untuk itu bebarapa tips agar melakukan aktivitas berolahraga yang baik :
  1. Pilih jenis olahraga yang kita senangi.
  2. Pahami olahraga secara baik
  3. Lakukan pada pagi atau sore hari
  4. Lakukan pemanasan selama sepuluh sampai dengan limas belas menit
  5. Lakukan kenaikan intensitas olahraga secara bertahap 
  6. Lakukan pendinginan secara baik

Bentuk olahraga bisa disesuikan minat yang kita sukai baik olahraga permainan ataupun perorangan seperti bersepeda, berlari atau haya sekedar jalan santai. Selain berolahraga secara baik hendaknnya melakukan pola hidup yang lebih sehat seprti minum  minimal delapan gelas air perhari, pola istrirahat, pola tidur serta pola makan yang baik. Hindari makanan cepat saji, makanan mengandung lemak tinggi hewani terlebih daging yang kurang matang sehinnga menumbuhkan tubuh menjadi tidak sehat sehingga virus akan cepat tersebar.

Dengan melakukan hal-hal tersebut maka tubuh akan menjadi sehat dan bugar serta daya tahan tubuh menjadi kuat sehingga penyakit sulit masuk dan menyerang tubuh. 


Penulis :
1. Aditya Gumantan, M. Pd 
2. M. Vani Aprilianto (Mahasiswa prodi Pendidikan Olahraga Universitas Teknokrat Indonesia)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

JADI PNS ? TIDAK HARUS PINTAR !!!

Pendidikan Jasmani dalam Literasi Fisik

Konsep Dasar Pendidikan Jasmani